≡ Menu

Makanan Agar Cepat Hamil Anak Ke Dua Apa Saja Itu?

makanan agar cepat hamil anak keduaBagi pasangan yang sedang menunggu-nunggu kehadiran anak ke dua mungkin penasaran apakah kehamilan berikutnya sama dengan kehamilan anak pertama. Beberapa pasangan memang tidak ingin menunda punya momongan lagi. Segera setelah anak pertama lahir mereka merencanakan untuk punya bayi lagi. Lalu bagaimanakah kiat cepat hamil ke dua? Dokter Rosdiana, seorang dokter kandungan yang terkenal menuliskan tips dalam bukunya Panduan Cepat Hamil ini. Berikut beberapa hal mengenai kehadiran buah hati ke dua Anda.

Makanan Agar Cepat Hamil Anak Kedua

  • Apakah kehamilan kali ini akan berbeda? Ada beberapa hal yang mungkin berubah setelah kehamilan pertama dan beberapa yang mungkin tetap sama. Tetapi penting untuk diingat bahwa setiap kehamilan itu unik. Dalam setiap kehamilan, Anda tidak benar-benar bisa memprediksi apa yang akan Anda rasakan.
  • Bayi Anda tidak tumbuh lebih cepat, tetapi ada kemungkinan bahwa pinggang dan perut Anda akan terasa atau terlihat lebih besar dari pada kehamilan sebelumnya.
  • Banyak wanita cenderung merasa lebih lelah pada kehamilan kedua. Hal ini tidaklah mengherankan karena ada anak pertama yang harus Anda urus. Anda mungkin memiliki sedikit waktu untuk tidur siang atau istirahat sebentar di di sofa dibandingkan ketika hamil anak pertama. Pasangan Anda pun mungkin tidak dapat memanjakan Anda seperti kehamilan sebelumnya karena menganggap Anda seharusnya sudah terbiasa.
  • Memperhatikan asupan makanan agar cepat hamil anak kedua serta mengurangi kegiatan yang tidak perlu serta menambah waktu istirahat mungkin sangat baik dilakukan. Seperti yang sudah pernah saya tulis sebelumnya tentang makanan yang bagus agar cepat hamil bahwa buah-buahan dan sayuran juga sangat bagus agar bisa cepat hamil lagi. Makanan itu antara lain: makanan berserat tinggi (buah, sayur, gandum, beras merah, kacang-kacangan), makanan kaya asam folat (pisang, brokoli, kecambah, asparagus), makanan kaya vitamin C (jeruk, paprika, jambu biji, stroberi dll), produk susu (keju, susu, yogurt), makanan kaya omega 3 (ikan, almond, walnut dll).
  • Ingatkan pasangan untuk tetap terlibat dalam mengurus anak pertama dan beritahu dia jika mungkin Anda perlu bantuan ekstra. Jangan ragu untuk meminta bantuan anggota keluarga lain atau teman-teman jika Anda membutuhkannya.
  • Anda mungkin bisa melakukan beberapa cara cepat hamil anak ke dua setelah kb, namun Anda juga harus bersiap dengan keluhan-keluhan selama kehamilan yang mungkin terasa lebih hebat dari yang pertama. Salah satunya misalnya adalah sakit punggung yang cenderung umum terasa pada setiap kehamilan, terutama jika Anda tidak cukup berolah raga untuk melatih otot perut agar kembali ke bentuk semula setelah melahirkan anak pertama. Penguatan otot perut dapat mencegah atau mengurangi nyeri punggung bawah pada kehamilan berlanjut. Cari waktu untuk berolahraga kapan pun Anda bisa.
  • Memiliki anak pertama mungkin membuat Anda terpaksa harus menggendongnya sesekali. Sebenarnya hal ini sangat beresiko jika Anda sedang hamil anak kedua. Untuk mengurangi resiko, pastikan untuk selalu menekuk lutut ketika harus mengangkat anak dari posisi berjongkok untuk meminimalkan tekanan pada punggung.
  • Varises juga cenderung menjadi lebih parah pada setiap kehamilan yang berturut-turut. Jika Anda menderita varises selama kehamilan pertama, pertimbangkan memakai kaos kaki khusus untuk mencegah varises sejak dini. Ketika berbaring, coba ganjal kaki dengan bantal agar peredaran darah menjadi lebih lancar. Beberapa latihan olah raga sangat membantu mengatasi keadaan ini.
  • Setiap kehamilan berbeda, tetapi Anda mungkin akan merasakan setidaknya beberapa keluhan selama hamil yang berbeda dengan yang dirasakan pada kehamilan sebelumnya. Sebagai contoh, jika pada kehamilan pertama Anda menderita sembelit atau wasir, cobalah langkah-langkah pencegahan sejak dini, seperti makan banyak serat, minum banyak air, dan berolahraga secara teratur. Melakukan senam Kegels secara rutin juga dapat membantu mencegah sembelit dan wasir.

Setiap kehamilan itu unik, sehingga Anda harus bersiap menghadapi beragam keluhan kehamilan yang terjadi. Bagi Anda yang merencanakan anak kedua, pastikan pemeriksaan kesehatan sudah Anda jalankan dan jangan lupa membaca doa agar cepat hamil anak kedua. Membaca buku yang berkualitas juga sangat disarankan. Salah satu buku yang bagus adalah Panduan Cepat Hamil karangan dr. Rosdiana Ramli, SpOG. Selamat mencoba!

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment